RSS Subscribe

Review http://efi-otomotif.blogspot.com/ on alexa.com
Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Wednesday, February 3, 2010 | 11:54 PM | 0 Comments

HUD Gen-2 Berwarna Mulai Diproduksi Continental

BABENHAUSEN, TEKNOLOGI OTOMOTIF – Penayangan informasi dengan sejajar mata pengemudi atau lebih dikenal dengan head-up display (HUD), sudah digunakan beberapa merek mobil saat ini. Namun tayangan informasi yang dipantulkan pada kaca depan – sejajar dengan mata pengemudi – masih kurang menarik. Maklum, gambar atau informasi yang ditayangkan agak susah dibaca karena kurang jelas dan monoton.

Kini, dengan perkembangan teknologi elektronik yang makin canggih, produsen komponen otomotif sudah bisa membuat HUD berwarna dan menayangkan informasi dengan jelas. Pengemudi makin mudah membacanya. Karena itu pula, dua perusahaan mobil Eropa sudah menyatakan ingin menggunakannya. Demikian disampaikan oleh Continental, salah satu produsen komponen besar di Jerman.


Menurut perusahaan tersebut, HUD terbaru ini merupakan generasi kedua dan segera diproduksi pada 2010 dan 2011.

HUD Gen-2 diperkenalkan enam tahun lalu menggunakan layar TFT. Sistem bisa ditayangkan pada dua kendaraan yang berbeda. Kini, HUD Gen-2 tersebut sudah dipersiapkan oleh Divisi Interior Continental untuk diproduksi di Babenhuasen, Hessen dekat Frankfurt, Jerman.

Mobil Kecil
Agar di waktu mendatang bisa digunakan pada mobil kecil, Divisi Interior Continental sedang berusaha mengurangi ukuran alat. Hasilnya, Gen-2 berukuran setengah generasi pertama.

Pabrik mobil menggunakan HUD untuk menayangkan informasi yang berhubungan dengan perjalanan, misalnya kecepatan, detil navigasi dan informasi peringatan, dengan posisi segaris penglihatan pengemudi.

Dengan cara ini pula, pengemudi dapat berkonsentrasi penuh ke jalan tanpa kehilangan informasi penting dan membuat perjalan lebih aman. Pasalnya, bila informasi ditayangkan di konsol tengah, pengemudi membutuhkan satu detik untuk membacanya. Pada kecepatan 50 kpj, selama satu detik sama dengan 14 meter.

Seperti kaca spion, pengemudi melihat gambar virtual pada kaca depan tidak lagi flat dan statis. Pengemudi melihatnya seakan-akan “mengapung” di atas kap mesin pada jarak 2 meter.kompas.com

0 comments:

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.